Apa Itu Asuransi Jiwa Pesawat Terbang? Ini Pengertiannya

Bertemu lagi dengan Jasa Konsultasi Asuransi Jiwa Surabaya, kali ini kami akan membahas asuransi jiwa pesawat terbang. Saat bepergian menggunakan transportasi jenis apa pun, pastinya ada risiko terjadinya kecelakaan. Termasuk pada jenis transportasi pesawat terbang yang mana setiap penumpang pada sebuah maskapai penerbangan. Difasilitasi layanan asuransi jiwa pesawat terbang untuk mengantisipasi ketika terjadi kecelakaan.

Ingin Konsultasi Asuransi Jiwa? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

Angka kasus kecelakaan pesawat terbang memang lebih sedikit dibandingkan jenis transportasi lainnya. Namun, bukan berarti bepergian menggunakan pesawat terbang aman dan tanpa resiko. Karena nasib buruk tidak bisa diprediksi dan dapat menimpa siapa saja. Ketika terjadi kecelakaan pesawat pihak keluarga atau ahli waris dari penumpang yang mengalami kecelakaan tersebut berhak mengajukan klaim asuransi.

Baca Juga : Mengenal Fitur Asuransi Jiwa Seumur Hidup Face Amount

Mengenal Asuransi Jiwa Pesawat Terbang

Mengenal Asuransi Jiwa Pesawat Terbang
Sumber Foto : Magazine.northeast.aaa.com

Asuransi jiwa pesawat terbang adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko jiwa penumpang serta risiko kerusakan atau kehilangan barang pada suatu penerbangan. Jenis asuransi jiwa satu ini akan memberikan manfaat perlindungan dengan memberikan uang santunan kepada pihak korban atau keluarga penumpang yang meninggal akibat kecelakaan pesawat terbang.

Fasilitas layanan asuransi jiwa pesawat terbang hanya diberikan oleh jenis penerbangan resmi. Setiap penerbangan resmi akan mendaftar setiap nama penumpangnya ke layanan asuransi sebagai bentuk antisipasi bila terjadi kecelakaan selama perjalanan berlangsung. Bagi yang belum tahu apa itu penerbangan resmi berikut ini ciri-ciri penerbangan resmi yang harus dipahami:

  • Nama Anda tercatat sebagai penumpang resmi di maskapai penerbangan tersebut.
  • Pada jenis penerbangan komersial, maskapai penerbangan tersebut harus memiliki jadwal keberangkatan yang rutin.
  • Pada jenis penerbangan non komersial pengguna harus menggunakan pesawat carter yang sudah memiliki izin sebagai perusahaan maskapai penerbangan dan dilengkapi dengan kru profesional pada bandara yang terpelihara dengan baik.

Bila seseorang menggunakan jenis penerbangan tidak resmi dan tidak sesuai dengan ketentuan di atas. Biasanya pihak perusahaan penyedia asuransi tidak akan menyetujui pengajuan klaim yang diajukan atas penerbangan tidak resmi. Jika menggunakan jenis penerbangan resmi korban atau keluarga penumpang yang meninggal dunia dapat mengajukan klaim terhadap uang santunan dan ganti rugi kepada:

  • Pihak maskapai penerbangan.
  • Jasa Raharja.
  • Pemerintah.
  • Perusahaan asuransi bila korban memiliki polis asuransi jiwa secara pribadi.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Asuransi Jiwa dengan Tabungan, Apa Saja?

Manfaat Perlindungan Asuransi Jiwa Pesawat Terbang

Manfaat Perlindungan Asuransi Jiwa Pesawat Terbang
Sumber Foto : Traveldailymedia.com

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 tahun 2011 yang telah diubah dalam Peraturan Perhubungan Nomor 92 Tahun 2011 terkait tanggung jawab maskapai penerbangan. Di dalam peraturan tersebut berisikan bahwa penumpang pesawat terbang yang mengalami kecelakaan.

Memiliki hak mendapatkan ganti rugi atas kerugian yang dialami oleh penumpang tersebut. Jadi pihak pengangkut udara atau maskapai penerbangan yang menjalankan bisnis transportasi udara harus bertanggung jawab atas kerugian yang dialami penumpang, beberapa kerugian tersebut di antaranya:

  • Penumpang meninggal dunia atau mengalami cacat tetap dan luka-luka.
  • Terjadi kerusakan atau hilangnya bagasi di kabin pesawat.
  • Terjadinya kerugian akan dicatat meliputi kerusakan, hilang, atau musnahnya bagasi penumpang.
  • Terjadi keterlambatan maskapai penerbangan.
  • Kehilangan, kerusakan, atau musnahnya kargo.

Ingin Konsultasi Asuransi Jiwa? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

Cara Klaim Asuransi Jiwa Pesawat Terbang

Cara Klaim Asuransi Jiwa Pesawat Terbang
Sumber Foto : Forbes.com

Meskipun setiap orang tidak ingin dirinya mengalami kejadian buruk, tapi ada baiknya jika mencari tahu cara klaim asuransi jiwa pesawat terbang. Mengajukan klaim ganti rugi terhadap pihak asuransi bisa dilakukan ketika jika barang bawaan Anda hilang atau rusak.

Ahli waris atau keluarga juga dapat mengajukan klaim bila penumpang mengalami cacat atau meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat. Berikut ini cara mengajukan klaim pada asuransi jiwa pesawat terbang:

1. Persyaratan yang Harus Disiapkan

Sebelum Anda mengajukan klaim untuk mendapatkan uang ganti rugi atas kerugian yang terjadi. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan supaya pengajuan klaim yang dilakukan bisa diproses oleh pihak asuransi terkait. Dokumen utama yang paling penting supaya pengajuan klaim disetujui adalah dokumen yang membuktikan bahwa orang yang melakukan pengajuan tersebut merupakan keluarga atau ahli waris dari korban.

Berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang telah berlaku untuk korban yang meninggal dunia. Berikut beberapa dokumen yang harus Anda siapkan untuk mendapatkan uang santunan dari pihak asuransi:

  • Bukti tiket pesawat.
  • Bukti bahwa bagasi tercatat atau claim tag.
  • Surat muatan udara atau airway bill.
  • Bukti lainnya yang mendukung bahwa korban merupakan penumpang dari penerbangan yang mengalami kecelakaan.
  • Bila korban adalah pihak ketiga maka harus melampirkan surat keterangan dari pihak yang berwenang untuk mengeluarkan bukti terkait terjadinya kerugian jiwa dan raga dan atau harta benda yang diakibatkan oleh kecelakaan pesawat.

Baca Juga : Pengertian Polis Asuransi Jiwa dan Istilah-Istilah Penting

2. Langkah-Langkah Pengajuan Klaim

Setelah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan selanjutnya Anda bisa melakukan pengajuan klaim kepada pihak asuransi terkait. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui langkah-langkah melakukan pengajuan klaim, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

a. Mengisi Formulir Pengajuan Klaim yang Disediakan

Langkah pertama Anda harus pergi ke kantor asuransi terkait atau mengunduh formulir pengajuan klaim melalui situs resmi dari perusahaan asuransi tersebut. Bila masih bingung bagaimana cara mendapatkan formulir pengajuan sebaiknya hubungi customer service yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

b. Mintalah Surat Keterangan Kecelakaan dari Instansi Terkait

Dalam proses pengajuan klaim asuransi, surat keterangan kecelakaan dari instansi terkait merupakan dokumen penting yang harus dilampirkan. Untuk mendapatkan surat keterangan kecelakaan, Anda harus mengunjungi polres terdekat atau pihak kepolisian yang bekerja sama dengan pihak penerbangan dalam penanganan kecelakaan pesawat tersebut.

c. Siapkan Identitas Korban dan Ahli Waris

Sebelum melakukan pengajuan sebaiknya persiapkan dokumen identitas korban dan ahli waris yang tertulis pada polis, seperti KTP, kartu keluarga, dan lainnya. Bila ahli waris merupakan istri korban maka harus menyiapkan surat nikah. Namun, jika ahli waris merupakan anak korban maka dokumen yang dibutuhkan adalah kartu keluarga dan akta kelahiran sebagai bukti bahwa orang tersebut benar-benar keluarga dari korban.

d. Sertakan juga Polis Asuransi

Saat melakukan pengajuan klaim dokumen penting lainnya yang harus dibawa adalah polis asuransi milik korban. Bila polis asuransi yang dimaksud hilang maka mintalah surat keterangan hilang dari pihak kepolisian. Dengan begitu Anda tetap bisa melakukan proses pengajuan.

e. Persiapkan Buku Tabungan Ahli Waris

Ketika proses pengajuan klaim yang dilakukan telah disetujui oleh pihak perusahaan asuransi terkait. Maka mereka akan memberikan uang santunan dalam jumlah tertentu sesuai kesepakatan yang tertera di polis asuransi. Uang santunan tersebut biasanya akan dikirim melalui rekening bank. Jadi pastikan Anda membawa buku tabungan untuk mengetahui nomor rekening yang akan digunakan untuk mentransfer uang santunan.

Jadi itulah pembahasan terkait asuransi jiwa pesawat terbang yang telah Anda simak. Untuk mengantisipasi kejadian-kejadian buruk di masa mendatang sebaiknya segera gunakan asuransi jiwa untuk melindungi Anda dan keluarga. AIA merupakan perusahaan asuransi ternama di Indonesia yang telah dipercaya selama bertahun-tahun. Tidak hanya menawarkan asuransi jiwa, AIA juga menawarkan berbagai produk asuransi yang bisa Anda butuhkan untuk informasi selengkapnya Anda bisa menghubungi agen asuransi jiwa dibawah ini.

Ingin Konsultasi Asuransi Jiwa? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

Leave a Comment