Apa Itu Asuransi Kesehatan Pemerintah? Ini Penjelasannya

Bertemu lagi dengan kami Jasa Konsultasi Asuransi Kesehatan Surabaya, kali ini kami akan membahas mengenai asuransi kesehatan pemerintah. Pandemi COVID-19 di Indonesia sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Bahkan hari demi hari jumlah penderita COVID-19 semakin bertambah dan munculnya varian baru Omicron yang meningkatkan rasa khawatir masyarakat. Di tengah situasi ini, sebaiknya Anda mempertimbangkan memiliki asuransi kesehatan pemerintah.

Ingin Konsultasi Asuransi Kesehatan? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

Adanya asuransi kesehatan ini bisa mengalihkan dan mengurangi risiko yang Anda dan keluarga terima saat sakit nantinya. Meskipun bukan berarti asuransi kesehatan menjamin Anda tidak terkena Covid-19, namun setidaknya bisa memproteksi kesehatan Anda dari hal yang diinginkan. Lantas, apa itu asuransi kesehatan? Yuk simak ulasan berikut:

Baca Juga : Asuransi Kesehatan yang Bisa Uang Kembali, Apa Ada?

Apa Itu Asuransi Kesehatan Pemerintah?

Apa Itu Asuransi Kesehatan Pemerintah?
Sumber Foto: Hellosehat.com

Jika membahas mengenai asuransi kesehatan, maka pemerintah Indonesia sendiri telah menyediakan asuransi kesehatan pemerintah untuk warganya, yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan yang lebih dikenal dengan nama BPJS Kesehatan.

Kedua asuransi tersebut sama-sama merupakan layanan proteksi kesehatan dari Pemerintah Republik Indonesia yang dikeluarkan dengan tujuan untuk menjamin kesehatan seluruh masyarakatnya. Asuransi pemerintah dalam pelaksanaannya juga menggunakan asas gotong royong agar bisa membantu masyarakat dari kondisi ekonomi menengah ke bawah.

Selain itu, premi yang dibayarkan pun bisa disubsidi oleh pemerintah, tetapi hanya ditujukan bagi mereka yang berhak mendapatkannya. Di sisi lain, karena mengusung asas gotong royong dan ditujukan untuk mengcover seluruh masyarakat Indonesia, jika dibandingkan asuransi pemerintah memiliki berbagai keterbatasan daripada asuransi swasta.

Namun jika dibandingkan secara jelas, Kartu Indonesia Sehat atau KIS merupakan sebuah layanan asuransi kesehatan pemerintah yang dikhususkan bagi masyarakat yang kurang mampu dan tidak dipungut iuran per bulannya sama sekali.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk masyarakat kurang mampu agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bisa diakses kapan saja. Sedangkan para peserta BPJS Kesehatan memiliki kewajiban untuk membayar premi setiap bulannya sesuai kelas yang dipilih agar bisa mendapatkan proteksi kesehatan yang dibutuhkan.

Meskipun KIS dan BPJS memiliki perbedaan yang signifikan, layanan kesehatan ini diberlakukan pemerintah untuk memberi kepastian bahwa seluruh orang di Indonesia bisa terlindungi dengan jaminan kesehatan yang adil, komprehensif, dan merata.

Baca Juga : Hukum Asuransi Kesehatan dalam Islam Secara Lengkap

Perbedaan Layanan Kesehatan KIS dan BPJS

Perbedaan Layanan Kesehatan KIS dan BPJS
Sumber Foto: Alodokter.com

Meskipun KIS dan BPJS Kesehatan merupakan sama-sama program dari pemerintah, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Keduanya tetap memiliki perbedaan sebagai berikut:

1. Kewajiban Memiliki Layanan Kesehatan

Telah diketahui bersama bahwa KIS merupakan program jaminan kesehatan yang khusus untuk masyarakat Indonesia kurang mampu. Artinya, Pemerintah berkewajiban untuk memenuhi akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia kurang mampu yang membutuhkan.

Sementara pada BPJS, kewajiban tersebut hanya ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia dengan ekonomi lebih baik yang telah terdaftar BPJS, dan Warga Negara Asing.  Kewajiban ini diberlakukan agar setiap orang yang ada di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan proteksi kesehatan secara menyeluruh dari pemerintah.

Selain itu, pada fasilitas dari layanan kesehatannya perbedaan KIS dan BPJS juga ditemukan, pada pemegang manfaat layanan kesehatan BPJS yang dikeluarkan terbagi ke dalam 3 kelas layanan. Meliputi kelas 1, 2 dan 3, dengan iuran kesehatan yang dibebankan pun memiliki perhitungan dan nominal yang berbeda sesuai kelas layanan yang dipilih.

Ingin Konsultasi Asuransi Kesehatan? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

2. Lokasi Layanan Kesehatan

Para pemegang KIS memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terpadu di mana saja dan kapan saja. Terutama pada layanan di rumah sakit atau balai kesehatan yang memang dimiliki pemerintah, seperti Puskesmas atau rumah sakit yang bekerjasama dengan pemerintah.

Berbeda dengan para pemegang kartu BPJS Kesehatan, pesertanya hanya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan utama tergantung dari nama fasilitas kesehatan atau faskes yang dipilih saat membuat kartu BPJS tersebut.

Meskipun begitu, pemegang kartu BPJS Kesehatan masih bisa melanjutkan pengobatan atau penanganan medis lebih lanjut asal memiliki surat rujukan yang dikeluarkan oleh dokter dari fasilitas kesehatan yang terdaftar dalam informasi kartunya.

3. Perbedaan Manfaat yang Diperoleh

Perbedaan KIS dan BPJS juga ada pada segi manfaat layanan Kesehatannya. Meskipun sama-sama sebagai pemberi layanan kesehatan yang telah dijamin oleh pemerintah, pemegang kartu BPJS Kesehatan hanya bisa digunakan saat peserta BPJS memang sedang membutuhkan penangan medis dan benar-benar dalam keadaan sakit.

Berbeda dengan KIS bisa digunakan tidak hanya sebagai kartu akses pengobatan saja, tapi juga bisa digunakan sebagai langkah pencegahan.

Baca Juga : Asuransi Kesehatan Swasta Terbaik 2022, Ini Ciri-Cirinya!

Manfaat KIS dan BPJS

Manfaat KIS dan BPJS
Sumber Foto: Learn.expandana.id

Setelah memahami apa itu asuransi kesehatan pemerintah dan perbedaan KIS dan BPJS secara mendasar, sebaiknya Anda juga harus mengetahui tentang manfaat apa saja yang ditawarkan oleh program jaminan kesehatan dari Pemerintah Republik Indonesia ini. Berikut manfaatnya:

1. Proteksi Kesehatan Seumur Hidup

Meskipun KIS dan BPJS memiliki perbedaan signifikan, tetapi keduanya sama-sama diagendakan oleh pemerintah agar dapat memberikan proteksi kesehatan yang baik untuk seluruh masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Maka, baik itu Anda pemegang kartu BPJS Kesehatan atau KIS, keduanya sama-sama berhak menerima layanan proteksi kesehatan seumur hidup.

Manfaat dari proteksi seumur hidup yang ditawarkan oleh pemerintah melalui program JKN ini tentunya akan memberikan rasa aman bagi Anda dan keluarga, hingga masyarakat Indonesia yang sedang membutuhkan akses atau pertolongan kesehatan di saat-saat genting dan mendadak.

2. Menanggung Hampir Semua Jenis Penyakit

Terkait penangan penyakit apa saja yang diderita oleh pemilik kartunya tidak ada perbedaan antara KIS dan BPJS. Baik itu asuransi KIS maupun BPJS dinilai mampu memberikan proteksi jaminan kesehatan yang dapat menanggung hampir semua jenis penyakit, termasuk penyakit berat pesertanya.

Informasi tersebut tentunya akan memberi rasa lega bagi Anda yang merasa khawatir akibat berkembangnya virus Corona di lingkungan Anda. Rasa lega tersebut kemungkinan juga muncul karena memahami dengan baik program JKN yang digalangkan oleh pemerintah ini menawarkan jaminan kesehatan yang sifatnya menyeluruh.

Meskipun begitu, ada beberapa jenis layanan kesehatan yang tidak ditanggung oleh pemerintah. Hal berlandaskan Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2014 yang menyatakan, bahwa layanan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tidak menanggung jaminan kesehatan yang memiliki sifat, estetis, alternatif, infertilitas, dan komplementer.

3. Medical Check Up Tidak Diwajibkan Untuk Daftar

KIS dan BPJS sama-sama merupakan program pemerintah yang mencoba untuk terus menawarkan keuntungan lainnya yang tidak dimiliki asuransi kesehatan lainnya. Keuntungan tersebut yaitu, tidak ada kewajiban untuk melampirkan hasil medical check up saat mendaftar di BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat.

Hal ini agar asuransi dari pemerintah ini mampu memberikan kesempatan bagi seluruh penduduk Indonesia dari berbagai kalangan agar dapat  merasakan manfaat dari program pemerintah yang digalangkan melalui JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional.

Itulah pengertian asuransi kesehatan pemerintah yang wajib Anda miliki sebagai warga Indonesia agar bisa memproteksi kesehatan Anda. Selain asuransi pemerintah, Anda juga bisa memilih produk asuransi terbaik dari AIA. Ada berbagai pilihan produk asuransi yang siap Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Jadi, tidak perlu ragu lagi percayakan urusan asuransi Anda bersama AIA ya!

Ingin Konsultasi Asuransi Kesehatan? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

Leave a Comment