Asuransi Kesehatan Swasta Terbaik 2022, Ini Ciri-Cirinya!

Bertemu lagi dengan kami Jasa Konsultasi Asuransi Kesehatan Surabaya, kali ini kami akan membahas mengenai asuransi kesehatan swasta terbaik. Asuransi kesehatan swasta terbaik banyak menjadi opsi masyarakat Indonesia yang menghendaki proteksi dengan ketentuan mampu menanggung seluruh atau sebagian besar biaya perawatan rumah sakit ketika hal tidak terduga terjadi. Untuk nominalnya, akan disesuaikan lebih dulu dengan jumlah tagihan dan batas yang disepakati. Lalu, apa saja sih ciri khusus dari asuransi kesehatan terbaik yang bisa dipilih?

Ingin Konsultasi Asuransi Kesehatan? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan
Sumber Foto: Njbmagazine.com

1. Asuransi Kesehatan Individu

Asuransi kesehatan individu bisa dibeli sendiri tanpa melalui pemberian oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Pastinya, biaya premi untuk jenis asuransi kesehatan satu ini lebih ringan bila dibandingkan dengan asuransi kelompok. Terdapat berbagai manfaat yang bisa didapat dengan membeli produk asuransi kesehatan swasta ini, yakni:

  • Mencakup semua manfaat utama seperti biaya pengobatan, rawat inap, rawat jalan, operasi, dan lainnya.
  • Tinggi rendahnya premi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan setiap nasabah.
  • Nasabah dapat memilih manfaat tambahan yang ingin didapat. Mungkin berupa asuransi jiwa, asuransi pendidikan, atau yang lainnya.
  • Jenis asuransi ini tetap bisa melindungi tertanggung apabila mereka memutuskan untuk berganti profesi di tempat lain.

Baca Juga : Cara Memilih Asuransi Kesehatan Premi Murah untuk Pemula

2. Asuransi Kesehatan Keluarga

Jenis asuransi ini bisa menanggung lebih dari 1 individu dalam satu keluarga, mulai dari pasangan suami-istri, anak-anak, serta tanggungan lainnya. Karena cakupannya yang lebih besar, biaya premi asuransi kesehatan keluarga swasta pun menjadi lebih besar. Meskipun demikian, nilainya tidaklah semahal jika Anda mendaftarkan satu-persatu anggota keluarga untuk dapat memperoleh perlindungan asuransi kesehatan swasta.

Daftar Ciri Asuransi Kesehatan Swasta Unggulan

Daftar Ciri Asuransi Kesehatan Swasta Unggulan
Sumber Foto: Frontiergroup.org

1. Sistem Pembayaran Non Tunai

Ternyata bagus tidaknya suatu produk proteksi kesehatan bisa dilihat dari sistem pembayaran yang disediakan. Apakah tagihan bulanan bisa dilakukan secara cashless alias non tunai, atau tidak. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika perusahaan terpilih menyediakan asuransi dengan pembayaran serupa.

Diantaranya adalah memudahkan pemegang polis saat akan berobat ke rumah sakit, mempersingkat proses pembayaran terkait biaya obat-obatan, biaya rawat inap, biaya dokter, hingga biaya rawat jalan. Hampir semua kebutuhan tersebut dicover oleh asuransi, dengan catatan nilainya masih dalam batas yang ditentukan.

Ingin Konsultasi Asuransi Kesehatan? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

2. Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Asuransi yang baik juga perlu memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Tidak terbatas pada satu atau dua rumah sakit saja. Lebih baik lagi jika banyak rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi pilihan Anda. Dengan demikian, kesempatan Anda untuk menggunakan sistem non tunai semakin besar. Pun halnya dengan pengobatan yang bisa lebih cepat ditangani secara efektif karena banyaknya opsi rumah sakit yang bisa dituju.

3. Plafon dan Premi yang Sesuai

Apabila skema yang dipilih ternyata lebih rendah dibandingkan saat rawat inap, Anda wajib mengeluarkan biaya tambahan guna menutupi kekurangan biaya pengobatan yang tidak dijamin oleh pihak asuransi swasta. Perlu dicatat, besaran plafon berbanding lurus dengan biaya premi yang dikeluarkan setiap bulannya.

Semakin mahal pilihan premi yang diambil, semakin mahal pula pilihan ruang inap yang bisa dipilih. Setiap orang pada dasarnya menghendaki kamar terbaik yang menawarkan fasilitas lengkap nan nyaman. Walau tidak mudah juga mewujudkan hal tersebut, mengingat premi idealnya dibayarkan sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing nasabah.

4. Tidak Ada Limit Untuk Semua Perawatan

Secara umum, sistem limit asuransi kesehatan swasta bisa dibagi dalam 2 jenis, meliputi limit per perawatan dan limit gabungan untuk seluruh perawatan. Semisal, limit pertama membatasi biaya konsultasi pakar sampai Rp 10.000.000, biaya perawatan operasi sampai Rp 15.000.000 dalam setahun, dan lain sebagainya. Kemudian pada limit gabungan untuk seluruh perawatan, tersedia proteksi hingga Rp 120.000.000 per tahunnya.

Beberapa produk asuransi menggunakan sistem limit per perawatan, sebagian lainnya menggunakan limit gabungan. Sebagai rekomendasi, ada baiknya untuk memilih produk asuransi yang mengaplikasikan sistem limit gabungan untuk semua perawatan sehingga tidak ada pembatasan terhadap perawatan kesehatan nantinya. Pada akhirnya, pemegang polis bisa lebih fleksibel untuk berobat bila terjadi sesuatu.

Baca Juga : Penjelasan Dasar Hukum Asuransi Jiwa yang Wajib Diketahui

5. Selalu Memprioritaskan Produk Rawat Inap

Asuransi kesehatan terbaik sejatinya perlu mengcover biaya berobat mulai dari konsultasi, pembelian obat-obatan, sampai rawat jalan. Namun, lebih baik lagi jika produk proteksi tersebut lebih fokus untuk menanggung biaya rawat inap dna rawat jalan. Sebab, kedua produk perawatan ini memerlukan biaya paling besar sehingga saat menjalani perawatan, Anda tak lagi perlu khawatir terkait dengan pelunasan biayanya.

6. Asuransi Kesehatan yang Murni

Secara garis besar, ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang populer dan sering ditawarkan, yaitu asuransi murni dan asuransi unit link. Dimana asuransi kesehatan swasta murni dikonotasikan sebagai asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, sehingga ketika masa pembayaran premi tiba, Anda hanya perlu membayar asuransi kesehatannya saja tanpa biaya lainnya.

Sedangkan produk asuransi unit link bakal menambahkan pembayaran lain pada tagihan premi Anda. Hasilnya, Anda harus membayar banyak premi yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, sampai investasi. Belum lagi ada potongan-potongan biaya lain yang nilainya tidak bisa dianggap sepele.

7. Masa Tunggu Penyakit Singkat

Asuransi yang baik akan memberikan masa tunggu penyakit yang relatif singkat. Biasanya, perusahaan asuransi memberikan masa tunggu sebelum nasabahnya dapat mengajukan klaim atas produknya. Diketahui, masa tunggu asuransi ialah kurun waktu yang perlu dilalui sebelum pemegang polis dapat meraih manfaat proteksi asuransi. Semakin singkat masa tunggu asuransi yang dipilih, semakin cepat pula potensi Anda dapat mengajukan klaim.

Cara Bandingkan Asuransi Kesehatan Swasta yang Bagus

Cara Bandingkan Asuransi Kesehatan Swasta yang Bagus
Sumber Foto: Japantimes.co.jp

1. Periksa Reputasi Perusahaan

Menjamurnya asuransi kesehatan swasta di Indonesia tidak menjamin semuanya memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Pastikan Anda hanya akan memilih asuransi kesehatan swasta dengan reputasi bagus dan profesional dalam pemberian pelayanan kesehatan. Guna mencari tahu soal reputasi perusahaan asuransi, Anda dapat mempelajari rekam jejak mereka dalam melayani nasabahnya.

Baca Juga : Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka Menurun Secara Lengkap

2. Periksa Nominal Premi

Cukup banyak perusahaan yang menjanjikan premi murah dengan fasilitas wah. Tapi ingat, sejatinya kelengkapan fasilitas berbanding lurus dengan besaran premi yang perlu dibayarkan. Periksa kembali nominal premi dari perusahaan terpilih dan bandingkan dengan fasilitas yang ditawarkannya. Kemudian, cari tahu tentang premi dan fasilitas dari perusahaan lain, dan bandingkan keduanya. Mana diantara dua perusahaan tersebut yang menawarkan fasilitas paling baik namun dengan harga terbaik.

3. Bandingkan Proses Klaim

Produk asuransi selayaknya mampu memberikan rasa aman dan keringan dalam perkara pembiayaan ketika pihak tertanggung sakit. Sebelum memilih asuransi kesehatan swasta, ada baiknya bagi Anda untuk mencermati kembali bagaimana sistem klaim yang ditawarkan. Pada ranah asuransi, terdapat 2 jenis sistem klaim yang umum tersedia, yaitu reimbursement dan cashless.

Tidak ada seorang pun yang dapat memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan. Disinilah peran asuransi kesehatan swasta terbaik dibutuhkan. Melalui asuransi kesehatan, hidup terasa lebih nyaman dan mudah. Untuk produk asuransi terbaik, bisa Anda dapatkan bersama asuransi AIA. Ada berbagai produk asuransi yang siap Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget. Dapatkan perlindungan terbaik untuk keluarga bersama AIA sekarang juga!

Ingin Konsultasi Asuransi Kesehatan? Hubungi Nomor HP/WA : 081803081010

Leave a Comment