Trik Jitu dan Contoh Materi Briefing Pagi Singkat yang Memberi Motivasi Kerja pada Karyawan

Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang baik, seorang atasan haruslah memahami kondisi karyawan dalam sebuah pekerjaan. Komunikasi yang efektif dapat membuka wadah untuk saling beropini tanpa mengurangi rasa hormat pada atasan.

Kali ini akan diulas tentang contoh materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi kerja kepada karyawan. Seorang atasan yang baik tidak akan membiarkan karyawan yang bekerja dengan asal-asalan.

Teguran merupakan bentuk dari kepedulian dari seorang atasan kepada karyawan. Tak jarang karyawan yang terkena teguran sering mempengaruhi kondisi psikologis karyawan tersebut. Inilah salah satu pentingnya briefing yang dilakukan sebagai sarana berkomunikasi.

1. Gunakan Kalimat yang Bersifat Ajakan

Jika seorang atasan memberikan pengarahan dengan sebuah kalimat yang bersifat menyuruh, maka hal ini akan berdampak tidak baik. Hal ini seolah memberikan tanggapan dan batasan dari bos dan karyawan.

Berbeda dengan kalimat yang bersifat ajakan. Jika seorang atasan memberikan kalimat yang berupa ajakan artinya bukan hanya karyawan saja yang disuruh tetapi mengajak kepada seluruh karyawan dan juga dirinya sendiri untuk melaksanakan apa yang disampaikan.

2. Jadikan Situasi yang Santai tetapi Serius

Suasana kerja yang santai akan lebih menumbuhkan produktivitas yang tinggi. Karyawan akan merasa lebih santai tanpa tekanan saat melaksanakan pekerjaan. Alhasil, rasa nyaman yang dirasakan oleh karyawan akan berdampak baik pada hasil kerja dan kondisi mental para karyawan.

3. Jadikan Karyawan sebagai Sahabat

Bagi seorang atasan yang baik, karyawan adalah rekan kerja sekaligus sahabat. Jika seorang atasan mampu menerapkan hal ini maka posisi atau status hanyalah predikat yang melekat. Pada kenyataannya seorang karyawan yang mempunyai atasan yang friendly akan lebih disegani.

Dengan teknik ini pada saat melakukan briefing, karyawan akan mampu menerima apa yang sudah disampaikan oleh atasan pada saat briefing. Dengan demikian, kebersamaan juga akan terjalin dengan harmonis.

Nah, itulah contoh materi briefing pagi singkat yang memberi motivasi kerja yang patut untuk dicoba yang dikutip dari laman OSCAS .

Leave a Comment